Bikin Design Rumah Anda lebih Hidup dengan “MOODBOARD”

Bikin Design Rumah Anda lebih Hidup dengan “MOODBOARD”

Memulai Proyek desain Interior ataupun Merenovasi Rumah, Ruang tamu terkaadang sangat mengasyikkan dan akan menjadi sangat luar biasa, jika kita telah menemukan “mood” yang pas dan pola yang benar.

Akan tetapi sebaliknya terkadang hal ini menjadi akan sulit karena mungkin kita berfikir harus mulai dari mana, oleh karena kita harus membuat banyak keputusan tentang warna cat yang pas, kain yang cocok, furniture yang serasi dan sesuai selera, dan masih banyak lgi pertimbangan dalam rangka merenovasi rumah ataupun ruangan agar terlihat lebih hidup dan elegan.

Nah.. Salah satu cara untuk memulai proses desain renovasi atau memulai membangun ruangan anda adalah dengan membuat “MoodBoard” atau disebut “papan suasana hati” yang akan membantu Anda mengatur ide-ide Anda. Kolase inspirasi ini, digital atau fisik, menyediakan cara untuk memvisualisasikan dan bereksperimen dengan arah desain proyek Anda.

Baru – baru ini, Tricia Guild, pendiri dan direktur kreatif dari perusahaan furnitur yang berbasis di London, Designers Guild, mengatakan: “Memiliki gambaran visual tentang bagaimana ruang Anda terlihat nyata dan secara alamiah akan sangat membantu.” Moodboards membantu Anda menghubungkan berbagai elemen desain yang Anda sukai menjadi satu visi yang kohesif. “Ini adalah cara untuk menyempurnakan ide Anda, mengedit tampilannya, dan bereksperimen dalam skala kecil sebelum membeli dalam jumlah besar,” kata guild.

Sebelum Anda mulai, yang terbaik adalah memiliki gambaran umum tentang keseluruhan estetika atau skema warna proyek Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah ini untuk membuat Moodboard yang akan membantu Anda mewujudkan impian desain interior Anda.

Langkah 1: Pilih cara membuat papan suasana hati. Jika Anda ingin melihat dan menyentuh item sebelum memilihnya, pilih papan mood fisik. Dengan elemen nyata seperti ujung cat dan sampel kain, Anda dapat merasakan warna dan tekstur secara langsung dan membuat keputusan yang paling tepat. Papan mood digital, di sisi lain, menawarkan inspirasi ke hampir semua gambar yang Anda temukan online, sangat memperluas kemungkinan desain Anda.

BACA JUGA:  Dekorasi Kamar Tidur Untuk Anak-anak

Designers Guild memiliki alat daring yang berguna untuk membuat Moodboard Anda sendiri. Atau, Anda dapat membuatnya dari awal menggunakan program seperti Adobe Photoshop atau situs web gratis Canva. Langkah 2: Kumpulkan inspirasi desain. Lihatlah warna dan pola yang Anda sukai untuk memandu konsep moodboard Anda. Dapatkan inspirasi dari dunia di sekitar Anda, termasuk mode, seni dan alam, serta desain interior. Jika Anda bekerja secara digital, salin gambar yang Anda temukan secara online (dimulai dengan Pinterest, Instagram, dan situs web desain interior) dan tempelkan ke kanvas moodboard Anda.

Berbelanja di sekitar situs furnitur dan dekorasi untuk menemukan produk nyata yang sesuai dengan estetika Anda. Untuk pendekatan taktil, mulailah dengan objek tertentu yang menarik bagi Anda, seperti cetakan seni atau peralatan makan antik, dan buat Moodboard di sekitarnya. Bermainlah dengan sampel kain, wallpaper, ubin, cat, lantai dan aksesori kecil pabrikan seperti perangkat keras dan sayuran segar atau sayuran palsu. “Sertakan elemen warna, tekstur, pola, dan furnitur sebanyak mungkin,” kata guild.

Langkah 3: Tempatkan dan atur ulang moodboard. Acak berbagai elemen Moodboard dan bereksperimenlah dengan berbagai kombinasi warna, tekstur, dan pola. “Luangkan waktu dan percaya diri,” kata guild. Saat menempatkan barang-barang, dia menyarankan agar barang-barang itu proporsional dengan tampilannya di ruangan yang sebenarnya. Misalnya, warna cat yang menutupi keempat dinding ruangan harus tampak menonjol di papan, sedangkan kain yang menutupi hanya beberapa bantal akan tampak relatif kecil.

Langkah 4: Gunakan Moodboard untuk memberi tahu Anda tentang keputusan desain Anda. Setelah Moodboard diatur sesuai keinginan Anda, mulailah membeli barang dan mulai bekerja di ruangan yang sebenarnya. “Jika itu berhasil dan berjalan secara alamiah di Moodboard Anda, itu akan berhasil di ruang Anda jika Anda menggunakan elemen pada skala yang tepat,” kata guild. Gunakan Moodboard  sebagai peta jalan saat membeli furnitur dan bahan, dan sering-seringlah merujuknya saat Anda mengisi ruangan. Menciptakan ruang impian tidak terlalu sulit, dengan rencana yang lebih nyata di depan Anda.

BACA JUGA:  Ide Desain Interior Rumah Minimalis yang Nyaman dan Modern