newhomeinterior.net
img src : freepik.com

5 Konsep Warna, Agar Rumah Anda Terlihat Menyatu dan Harmonis

Jadikan ruang konsep terbuka yang membuat Anda nyaman dan kombinasikan dengan trik warna yang cerdas ini.

Beberapa orang lebih menyukai skema warna yang unik untuk setiap ruang, tetapi menciptakan palet kohesif yang membentang di seluruh ruangan dapat membuat rumah Anda terlihat lebih terencana.

Dengan menghubungkan ruangan dengan warna, Anda juga dapat meningkatkan aliran antar ruang yang dipartisi dengan menutup pintu. Juga, jika Anda dapat melihat satu ruangan dari yang lain, seperti denah lantai terbuka atau kombinasi pintu masuk dan ruang tamu, Hubungan warna antara ruangan-ruangan tersebut mempengaruhi apakah ruang tamu Anda terasa harmonis.

Menggunakan warna yang tidak relevan di kamar yang berdekatan membuat rumah terasa seperti serangkaian ruang yang terputus-putus. Warna yang saling terkait, di sisi lain, menarik perhatian dari satu ruangan ke ruangan berikutnya, menciptakan kontinuitas visual.

Ikuti tip berikut untuk membuat skema warna seluruh rumah yang berpadu mulus dari kamar ke kamar.

  1. Buat aliran dengan warna

Di rumah dengan Konsep terbuka atau rumah dengan bukaan lebar, yang menghubungkan kamar dan ruangan lainnya, Memilih warna yang terkait satu sama lain merupakan hal yang sangat penting. Tantangan dalam konsep ini adalah memberikan identitas unik pada setiap ruangan sesuai fungsinya dan tetap mencapai tujuan, yaitu “Menyatu”. Dengan mengulangi warna dan bahan yang menyerupai detail seperti pewarnaan jendela, kain, dan dekorasi dinding, Anda dapat membuat hubungan halus antar ruang untuk tampilan yang kohesif secara keseluruhan.

  1. Gunakan Garis warna di antara ruangan

Coba gunakan satu warna sebagai tema di setiap ruangan untuk memberikan kepribadian warna yang unik pada setiap ruangan sambil mempertahankan rasa kesatuan.

BACA JUGA:  Pengaruh Budaya Terhadap Desain Interior

Trik ini berfungsi bahkan jika Anda suka menggunakan banyak warna berbeda. Anda hanya perlu memilih satu warna, seperti nuansa serba guna seperti putih dan biru tua yang muncul dalam skema warna setiap ruangan. Pilih kayu sebagai elemen kesatuan dan pertimbangkan untuk mengulangi warna atau finishing yang sama pada papan pinggir, kusen pintu dan jendela, dan cetakan plavon.

Anda juga dapat membatasi palet menjadi dua atau tiga warna dan menggunakannya dalam jumlah dan penggunaan yang berbeda di seluruh rumah untuk kontinuitas. Setiap warna dapat digunakan dengan nilai dan intensitas yang berbeda untuk menghasilkan efek yang berbeda. Misalnya, cat lemari bawah dengan warna abu-abu badai gelap, lalu pilih abu-abu muda untuk dinding ruang tamu yang berdekatan.

  1. Tentukan ruang yang terhubung dengan warna

Baik itu rumah di pinggiran kota, kondominium atau apartemen, denah lantai terbuka memungkinkan arsitek memaksimalkan rasa ruang mereka tanpa menambah elemen lain. Namun bukan berarti Anda harus mengecat semua ruang sambungan dalam satu warna. Berikan setiap area kepribadiannya sendiri dengan memilih dua atau tiga warna yang bekerja sama dengan baik dan menggunakannya dalam jumlah yang berbeda (dinding, furnitur, aksesori, dll.) di setiap ruangan.

  1. Hubungkan ruangan dengan lantai dan permadani

Lantai atau karpet area yang mencakup kedua warna dapat digunakan untuk menghubungkan kamar yang berdekatan yang dicat dengan warna kontras yang tinggi. Misalnya, tempatkan garis bermotif multi-warna di lorong untuk menciptakan celah antara ruang netral dan lebih berwarna. Warna karpet dan dinding sebenarnya tidak harus sama persis. Yang satu bisa sedikit lebih gelap atau lebih terang dari yang lain, tetapi mata mengenali bahwa mereka terkait erat.

  1. Satukan warna dengan trim

Melukis semua hiasan di seluruh rumah dengan warna putih yang sama adalah cara mudah untuk menciptakan kesan aliran dari ruangan-ke-ruangan. Trim putih memastikan bahwa ruang-ruang ini tampak terhubung dan meningkatkan efeknya dengan isyarat bawah sadar yang membuat orang merasa tetap saat mereka bergerak melewati rumah Anda. Namun, ada begitu banyak warna putih sehingga ada baiknya untuk memilih warna dinding terlebih dahulu, lalu warna putih yang sesuai dengan semuanya.

BACA JUGA:  Trend Minimalis, Monokrom, Interior Exterior Masa Depan

Misalnya, putih murni yang cerah sangat kontras dengan warna-warna berani dan berpadu dengan warna-warna lembut.